Kedai Sharing Olah Data SPSS

Thursday, June 1, 2017

Jenis Data, Sumber Data dan Metode Pengumpulan Data

Berikut beberapa jenis, sumber dan metode dalam pengumpulan data :
1)   Jenis Data
Jenis data menurut sifatnya sebagai berikut (Sugiyono, 2003 : 14) :
a.    Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka atau dengan kata lain data yang berbentuk kalimat, kata atau gambar. Dalam penelitian ini berupa latar belakang sejarah organisasi, struktur organisasi, dan data-data lain yang diambil dari dokumen organisasi.
b.    Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka. Data kuantitatif dapat dibedakan menjadi dua yaitu data diskrit dan data kontinum. Data diskrit adalah data yang diperoleh dari hasil menghitung. Sedangkan, data kontinum adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran.
2)   Sumber Data
a.    Data Primer
Data primer adalah data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti melalui sumbernya dengan melakukan penelitian ke objek yang diteliti (Umar, 2003 : 56).
b.    Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang tidak langsung memberikan data kepada peneliti, misalnya penelitian harus melalui orang lain atau mencari melalui dokumen. Data ini diperoleh dengan menggunakan studi literatur yang dilakukan terhadap banyak buku, diperoleh berdasarkan catatan catatan, diperoleh dari internet yang berhubungan dengan penelitian (Sugiyono, 2005 : 62). 
      Sedangkan Metode dalam Pengumpulan Data antara lain :
      Metode pengumpulan data yang dilakukan untuk dapat memberikan informasi yang sesuai dengan yang diperlukan agar dapat menjelaskan masalah - masalah dan memecahkan masalah yang diteliti, adalah sebagai berikut (Suharsimi Arikunto, 2006 : 149) :
1)   Metode Kuesioner (angket)
Metode kuesioner adalah metode pengumpulan data dengan cara membagikan daftar pertanyaan kepada responden tentang masalah yang dibahas. 
2)   Metode Wawancara ( interview )
Metode wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab secara langsung mengenai gambaran umum dan masalah yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian kepada pegawai yang berwenang untuk menggunakan data-data tersebut.
3)   Studi Pustaka
Studi pustaka yaitu dengan mengolah data yang telah diperoleh dan menyesuaikan literatur yang didapat dari bangku kuliah serta buku-buku dari perpustakaan.

Daftar Pustaka :
Husain Umar, 2003, Metode Riset Bisnis, Gramedia Pustaka UtamaJakarta.
Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisni, Edisi 1, CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, CV. Alfabeta, Bandung.

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Adbox