Kedai Sharing Olah Data SPSS

Monday, June 5, 2017

Uji Validitas dan Reliabilitas

1. Uji Validitas (Kesahihan)


Pengujian validitas adalah ketepatan atau kecermatan instrumen dalam mengukur apa yang diukur (Duwi Priyatno, 2009 : 16). Untuk melakukan uji validitas ini menggunakan program SPSS.  Teknik pengujian yang sering digunakan para peneliti untuk uji validitas adalah menggunakan korelasi Bivariate Pearson (Produk Momen Pearson). Analisis ini dengan cara mengkorelasikan masing-masing skor item dengan skor total. Skor total adalah penjumlahan dari keseluruhan item. Item-item pertanyaan yang berkorelasi signifikan dengan skor total menunjukkan item-item tersebut mampu memberikan dukungan dalam mengungkap apa yang ingin diungkap à Valid. Jika r hitung ≥ r tabel (uji 2 sisi dengan sig. 0,05) maka instrumen atau item-item pertanyaan berkorelasi signifikan terhadap skor total (dinyatakan valid). Rumus teknik korelasi product moment sebagai berikut : 
Keterangan :
Dengan menggunakan level of significant 0,05 bila :
rhitung ≥ rtabel berarti item tersebut valid
rhitung < rtabel berarti item tersebut tidak valid

2. Uji Reliabilitas (Kehandalan)
Reliabilitas digunakan untuk mengetahui konsitensi alat ukur, apakah alat pengukur yang digunakan dapat diandalkan dan tetap konsisten jika pengukuran tersebut diulang. Pada penelitian ini untuk mencari reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha, sebagai berikut :
Keterangan :





Kriteria Pengujian :
-       Apabila rhitung ≥ rtabel berarti item tersebut reliabel.
-       Apabila rhitung < rtabel berarti item tersebut tidak reliabel.
Mungkin itu beberapa pengertian dari uji validitas dan reliabilitas untuk langkah-langkah mencari uji validitas dan reliabilitas pada season berikutnya.
Daftar Pustaka :
                 Duwi Priyatno, 2009, Mandiri Belajar SPSS, Mediakem, Yogyakarta.



2 comments:

  1. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
    EVIEWS, SMARTPLS, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    https://s.id/OlahDataSemarang

    ReplyDelete

Adbox