Kedai Sharing Olah Data SPSS

Friday, June 2, 2017

Pengertian Populasi dan Teknik dalam Pengambilan Sampel

   Dalam suatu penelitian, seringkali kita tidak dapat mengamati seluruh individu dalam suatu populasi. Hal ini dapat dikarenakan jumlah populasi yang amat besar, cakupan wilayah penelitian yang cukup luas, atau keterbatasan biaya penelitian. Untuk itu, kebanyakan penelitian menggunakan sampel.
1.    Populasi
    Populasi adalah kumpulan individu atau obyek penelitian yang memiliki kualitas dan ciri - ciri yang telah ditetapkan. Berdasarkan kualitas dan ciri-ciri tersebut populasi dapat dipahami sebagai kelompok individu atau obyek pengamatan yang minimal memiliki satu persamaan (Sugiyono, 2006:55). 
2. Teknik Pemilihan Sampel
    Sampel adalah bagian dari populasi yang akan diteliti (Duwi Priyatno, 2009 : 9). Untuk mengetahui besarnya ukuran  sampel digunakan rumus pendekatan slovin, (Husain Umar, 2005 : 78) sebagai berikut :


Keterangan :
n     : Ukuran Sampel
N    : Ukuran Populasi
e      : Margin of error (kesalahan) yang masih dapat diterima sebesar 10%  atau 0,1.
Untuk menggunakan rumus ini, pertama ditentukan berapa batas toleransi kesalahan. Batas toleransi kesalahan ini dinyatakan dengan persentase. Semakin kecil toleransi kesalahan, semakin akurat sampel menggambarkan populasi. Misalnya, penelitian dengan batas kesalahan 5% berarti memiliki tingkat akurasi 95%. Penelitian dengan batas kesalahan 2% memiliki tingkat akurasi 98%. Dengan jumlah populasi yang sama, semakin kecil toleransi kesalahan, semakin besar jumlah sampel yang dibutuhkan.

Contoh: 
Sebuah perusahaan memiliki 326 pegawai, dan akan dilakukan survei dengan mengambil sampel. Berapa sampel yang dibutuhkan apabila batas toleransi kesalahan 5%.

Dengan menggunakan rumus Slovin:
n = N / ( 1 + N e² ) = 326 / (1 + 326 x 0,05²) = 76,52, yang kemudian dibulatkan menjadi 77.
Dengan demikian, jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 77 pegawai.

Daftar Pustaka :

Duwi Priyatno, 2009, Mandiri Belajar SPSS, Mediakem, Yogyakarta.
Husain Umar, 2005, Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia. Pusat, Jakarta
Sugiyono, 2006, Statistik Untuk Penelitian, CV Alfabeta, Bandung.



No comments:

Post a Comment

Adbox